Minggu, 16 Januari 2011

Menata Hati Bersihkanlah Niat

Dari Abu Hurairah ra berkata :Rasulullah saw bersabda " Sesungguhnya,Allah tidak melihat bentuk badan dan rupamu.Tetapi langsung melihat atau memperhatikan niat dan keikhlasan dalam hatimu. ( HR.Muslim ).

Pada dasarnya hidup dalam agama islam itu sangat menyenangkan ,sebab semua atuaran  dan petunjuk yang dibutuhkan manusia untuk mencapai  segala kebutuhan dan keperluan hidupnya selama berada didunia ini,telah dibuat dengan sempurna oleh Tuhan Yang Sebenarnya. jika kita mau meresapi semua perintahn dan laranganNya dengan sungguh-sungguh maka kita akan tau apa yang sejatinya diinginkan oleh Allah atas diri kita,sebab Allah SWT tidak mungkin membuat larangan dan perintah kecuali ada hikmah dibalik semua itu yang berguna bagi perjalanan hidup kita dimasa akan datang.
Persoalannya kita nasih sering disibukkan dengan urusn yang tidak prinsip,akhirnya kita acapkali menjadi lupa untuk memperhatikan masalah tersebut,misalnya saja soal menata hati dalam menjalankan aktivitas hidup didunia ini.Kita telah diajarkan ole Rasulullah saw agar bersungguh-sungguh dalam menata hati.sebab persoalan hati adalah persoalan antara apa yang muncul di dalam niat seorang makhluk terhadap Allh SWT. melalui niat itulah gerak ibadah yang dilakukan oleh seorang makhluk akan dinilai oleh Allah SWT.
sepintas hal itu sepele bagi manusia tapi dimata Allah tidak demikian karena niat yang ada dalam hati itulah yang kelak akan menentukan bagaimana nasib ibadah yang akan dilakukan oleh sang makhluk itu.
Dihadapan sesama makhluk  mungkin kita masih  bisa "menyembunyikan" ketidak ikhlasan dalam melakukan kebajikan  tetapi tidak dihadapan Allah,Dzat Yang Memegang hati setiap makhluk.Tidak peduli apakah niat itu dilahirkan (didzahirkan ) atau disembunyikan di dalam hati,Allah SWT pasti mengetahuinya.Simak saja firmanNya dalam Al-Qu'ran surat Ali Imran ayat 29 :
" Katakanlah .'Jika kamu menyembunyikan apa yang ada dalam hatimu atau kamu melahirkannya pasti Allah mengetahui.'Allah mengetahui apa-apa yang ada di langit dan apa-apa yang ada dibumi.Dan Allah Mahakuasa atas segala sesuatu."
Itulah sebabnya mengapa ibadah ikhlas itu sangat diperlukan yaitu ibadah yang didasari niat karena merasa senang kepada Allah SWT dan sudah jelas jika ibadah ikhlas itu dimulai dari menata hati dengan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar